SEBERAPA PENTING SERTIFIKAT MAGANG ATAU PKL SMK UNTUK MELAMAR KERJA ?

Sertifikasi kompetensi merupakan suatu pengakuan kepada tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Sertifikasi Kompetensi ini dilakukan secara sistematis dan obyektif dengan uji kompetensi yang mengacu pada standar kerja nasional, standar kerja internasional, dan standar lainnya. 

Dengan adanya sertifikasi kompetensi dapat memastikan bahwa tenaga kerja terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

1. Tergantung.

Apakah anda lulusan baru? Apabila iya maka tentu sertifikat magang akan sangat dipertimbangkan, terutama apabila anda magang di perusahaan-perusahaan yang cukup terkenal.

Contoh apabila anda di bidang accounting/audit, maka apabila pernah magang di big 4 tentu akan sangat membantu. Terutama bila posisi magang sesuai dengan posisi yang anda lamar.

Tetapi bila anda sudah berpengalaman, maka yang lebih dilihat adalah portofolio anda serta serifikat-sertifikat pendukung skill anda, seperti sertifikat python/sql untuk posisi data analytics. Serta relevansi dan skill yang anda miliki dari pengalaman anda sebelumnya.

2. Tergantung Kebutuhan Perusahaan

Kalau yang dicari adalah kandidat yang "kualitasnya urgent" sertifikat itu akan sangat berguna sekali untuk menilai kemampuan dan kualitas calon karyawan.

Misal, dicari staf akuntan pajak: pelamar ada 20 orang, 5 di antaranya bersertifikat brevet A-B dan 15 tidak bersertifikat. 5 orang ini pasti akan lolos ditahap awal bahkan mungkin bisa sampai di tahap2 selanjutnya, karna orang dianggap berkompeten dibanding lainnya.

Sertifikat bahasa inggris/bahasa lainnya, itu akan memberikan poin plus saat melamar pekerjaan. Intinya sertifikat ini bisa menjadikan poin plus dan meyakinkan hrd untuk bisa dapat panggilan kerja dengan segera.

Tapi tidak serta merta sertifikat itu sangat penting sekali, hanya langkah awal untuk melewati lolos administrasi/kesan pertama di mata HRD melalu berkas lamaran.

3. Mungkin Tidak Terlalu Penting

Tidak terlalu penting bahkan tidak terpakai, sertifikat magang hanya sebagai bukti kita sudah selesai magang, formalitas untuk di sekolah saja. Pada saat melamar malah tidak pernah di lihat atau di tanyakan sama sekali.

Sertifikat PKL

Sertifikat PKL