PERBEDAAN MOTOR KOPLING OTOMATIS DAN KOPLING MANUAL

KOPLING OTOMATIS DAN KOPLING MANUAL

Berikut perbedaan motor gigi biasa dengan motor kopling gigi yang saya kutip dari, yahoo answers ID. Sebenarnya motor gigi non-kopling yang biasa diaplikasikan di motor bebek itu juga ada koplingnya tapi, otomatis nah sedangkan motor sport itu koplingnya distang kiri, jadinya disebut kopling manual.

Cara kerja motor gigi kopling otomatis adalah ketika perpindahan gigi, itu gigi bisa langsung pindah karna adanya kopling ganda, sehingga begitu tuas perseneling diinjak, kopling ganda langsung menekan kampas kopling ke gear box.

Sementara kalo motor gigi kopling manual, dikatakan manual karna tidak adanya kopling ganda seperti motor gigi kopling automatic, Jadi kalo mau pindah gigi harus menekan tuas kopling yang ada disetang kiri, agar kampas kopling menekan gearbox.

So.. Fungsi kopling ganda digantikan dengan kita yang harus menekan tuas di setang kiri. “Wah jadi repot dong, kudu harus menekan tuas kopling, kalo pake motor kopling manual?” Hmm, saya pikir kalo udah biasa pakai motor kopling, pasti gak bakalan repot deh.. malah enak, dan akan rada canggung kalo naikm motor gigi kopling otomatis.

Dan ada lagi, kelebihan dari kopling manual, tenaga yang tersalur lebih besar karna gesekannya berkurang karna tidak memakai kopling ganda, makanya balapan motor banyak yang memakai kopling manual.. Jadi intinya motor dengan kopling manual itu tenaganya lebih besar dari yang otomatis.

Jadi, tinggal anda memilih mau beli motor yang kopling manual atau otomatis seperti punya saya (karna motor yang kopling manual harganya mahal) atau bahkan anda akan beli motor matic ?