MENDIAGNOSIS DAN MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA KOPLING

Kopling merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang terdapat pada kendaraan,yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan transmisi. Pada kendaraan ringan menggunakan kopling hidrolik untuk sistem kerjanya.

KOPLING MOTOR

Komponen kopling hidrolik antara lain pedal,master silinder, pipa, silinder tenaga, sift fork/garpu pembebas, release bearing/bantalan pembebas,pegas diafragma, plat penekan dan plat kopling.

Kita akan membahas cara Mendiagnosis kerusakan pada kopling yaitu mencari gangguan yang sering terjadi pada kopling seperti :

  1. Kopling tidak dapat bebas karena beberapa faktor antara lain adanya udara pada sistem kopling,master silinder rusak,penyetelan pedal berlebihan,realease silinder rusak, plat kopling rusak dan kotor, pegas diafragma rusak dan terjadinya perubahan bentuk pada flywheel. Perbaikan dengan melakukan penyetelan pedal yang tepat, membuang udara atau membleding dari sistem kopling,mengganti master silinder yang rusak, mengganti pegas diafragma beserta komponenya.
  2. Kopling bergetar dikarenakan kondisi plat kopling aus,bengkok,rusak dan terjadinya kerusakan dan keausan pada pegas diafragma. Perbaikanya dengan mengganti plat kopling yang sudah aus dan komponen pegas diafragma.
  3. Kopling blong dikarenakan adanya udara masuk,master silinder rusak,dan terjadi kerusakan pada realease cylinder/silinder pembebas dengan cara mengganti seal piston atau mengganti komponen master silinder dan realease silinder.
  4. Kopling selip terjadi karena penyetelan pedal berlebihan,plat kopling aus atau terkena oli, Perbaikanya dengan cara menyetel pedal kopling,membersihkan plat kopling yang kotor.
  5. Kopling berbunyi dapat disebabkan karena release bearing aus,kotor,rusak,input shaft atau poros input pada transmisi aus atau rusak. Perbaikanya dengan mengganti realease bearing yang sudah aus,input shaft atau poros input pada transmisi.
Mendiagnosis dengan cara mencari kerusakan yang terjadi pada unit kopling dan komponenya, Memperbaiki kerusakan kopling seperti diatas dengan melakukan perbaikan pada komponen yang kotor, penytelan pedal yang tepat dan mengganti komponen yang sudah rusak dan mengalami keausan.