[LENGKAP] PENGERTIAN, FUNGSI, KOMPONEN, DAN CARA KERJA SISTEM KOPLING

kopling mobil

Pengertian Sistem Kopling

Kopling merupakan komponen sistem pemindah tenaga yang mengubungkan antara mesin dan sistem pemindah tenaga yang lain, terdapat beberapa macam kopling seperti kopling basah dan kopling kering, kopling basah di gunakan kebanyakan pada sepeda motor dan kopling ering digunakan umumnya pada mobil.

Fungsi Sistem Kopling

Untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin melalui fly wheel dan transmisi,serta letaknya diantara fly wheel dan transmisi dan untuk mobil biasanya mengunakan kopling tipe kering dengan hanya satu plat kopling dan juga terdapat kopling otomatis pada jenis transmisi otomatis pada mobil.

fungsi kopling mobil

Komponen Sistem Kopling

  • Pedal rem sebagai tempat untuk melakukan pertama kali kerja dengan menekan pedal kopling.
  • Master silinder untuk menciptakan tekanan hidrolik yang di dalamnya terdapat piston dan seal piston dan menyalurkan melalui pipa atau selang menuju ke realese silinder
  • Realese silinder menerima tekanan dari master silinder dan meneruskan tekanan menuju shift fork atau garpu pemindah dan realese bearing,pegas diafragma plat penekan dan lat kopling.

Cara kerja sistem kopling

Pada sistem kopling manual jika pedal di injak plat penekan akan terlepas sehingga plat kopling tiddak berhubungan dengan putaran mesin,dan sebaliknya jika pedal kopline di lepas maka akan terhubung dan menghubungkan putaran mesin dengan transmisi dan pada transmisi selanjutnya untuk mengatur momen kecepatan kendaraan.

Fungsi dan cara kerja sistem kopling pada kendaraan khususnya mobil yang umumnya di gunakan dan merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang di gunakan untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan sistem pemindah tenaga terletak diantara mesin dan transmisi.