Mengenal Mata Pelajaran Pariwisata SMK Sebagai Referensi

Prospek kerja yang cukup besar menjadi alasan SMK Pariwisata dipilih sebagai sekolah lanjutan tingkat menengah favorit. Dengan memilih bidang jurusan yang disukai, Kamu bisa langsung bekerja setelah lulus dari SMK Pariwisata.

Mata pelajaran Pariwisata sangat beragam yang akan membuat Kamu paham tentang potensi dunia pariwisata Indonesia. Kamu tertarik masuk ke SMK Pariwisata tahun depan?

PKL TERBAIK

Prospek lulusan SMK Pariwisata memiliki potensi mendapatkan atau menciptakan peluang kerja yang sangat besar. Buat Kamu yang tertarik masuk ke SMK Pariwisata, ada kompetensi keahlian yang bisa dipilih sesuai minat.

Misalnya jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan, Wisata Bahari, Kuliner, dan lain-lain yang memiliki mata pelajaran Pariwisata berbeda. Sebagai gambaran umum, berikut 10 mata pelajaran jurusan Usaha Perjalanan Wisata di bidang keahlian Pariwisata yang wajib Kamu ketahui.

1. Kepariwisataan

Materi dasar yang akan mengenalkan Kamu tentang kegiatan pariwisata dan semua dampak termasuk pelaku, sarana penunjang wisata, akomodasi, dan lain-lain.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang wajib Kamu kuasai sebagai bahasa internasional. Jika Kamu bekerja di industri pariwisata mancanegara, bahasa Inggris menjadi syarat kualifikasi paling penting.

3. Bahasa Asing Pilihan

Sebagai kompetensi keahlian yang wajib Kamu kuasai sebab Kamu akan bekerja di sektor pariwisata. Kemungkinan bertemu dengan orang-orang asing sangat besar sehingga Kamu wajib menguasai bahasa asing pilihan, misalnya bahasa Jepang, Mandarin dan lain-lain.

4. Simulasi Dan Komunikasi Digital

Di era digital, lulusan SMK Pariwisata wajib menguasai peralatan dan perlengkapan komunikasi modern. Kamu tentu tidak asing dengan kecanggihan teknologi yang membantu komunikasi dan public speaking.

5. Komunikasi Industri Pariwisata

Kamu akan belajar tugas spesifik dalam menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja sesuai prinsip komunikasi digital.

6. Sanitasi, Hygiene Dan Keselamatan Kerja

Mata pelajaran Pariwisata yang paling penting untuk Kamu yang berniat kerja langsung setelah lulus sekolah tentang sanitasi, perilaku hygiene dan prosedur keselamatan kerja saat bekerja.

7. Administrasi Umum

Materi yang berkaitan dengan semua pekerjaan, kegiatan dan tulis menulis di dalam lingkungan organisasi atau perusahaan Kamu nanti.

8. Pemesanan Dan Penghitungan Tarif Penerbangan

Tidak menutup kemungkinan kalau Kamu akan bekerja di sektor penerbangan atau instansi pemerintah. Garuda Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bisa menjadi tempatmu bekerja nanti. Pastikan Kamu fokus pada pelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan, ya!

9. Perencanaan Dan Pengelolaan Perjalanan Wisata

Seorang yang expert di bidang pariwisata, memiliki potensi menjadi travel agent atau konsultan yang membantu pengelolaan biaya dan waktu perjalanan wisata.

10. Pemanduan Perjalanan Wisata

Kalau Kamu suka traveling, pasti tidak akan bosan dengan materi Pemanduan Perjalanan Wisata atau Guiding. Nanti Kamu akan diajak praktik langsung alias jalan-jalan. Keren, ya?

Tertarik mempelajari mata pelajaran Pariwisata yang produktif? Selain materi diatas, Kamu juga akan belajar mata pelajaran akademik lain. Yuk, masuk sekolah Pariwisata yang memiliki peluang besar!