MENGENAL MATA PELAJARAN OTKP (Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran)

OTKP mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor.

Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 01 Purbalingga yang memberikan bekal tentang berbagai informasi layanan dibidang administrasi baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Logo SMK MUSAGA

Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain adalah:

  1. Sekretaris perusahaan
  2. Staff Admin HR,
  3. Staff Admin marketing
  4. Staff Admin Produksi
  5. Staff admin penjualan
  6. Staff admin IT
  7. Staf Operasional Gudang
  8. Front Office.
  9. Receptionist

Untuk Kamu yang ingin masuk SMK jurusan OTKP, Kamu perlu tahu apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Beberapa mata pelajaran OTKP tidak jauh berbeda dengan jurusan lainnya, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan pendidikan kewarganegaraan. Selain mata pelajaran umum, Kamu juga akan belajar mata pelajaran khusus OTKP. Apa saja itu?

Berikut ini beberapa mata pelajaran yang akan Kamu dapatkan di jurusan OTKP

1. Simulasi Dan Komunikasi Digital

Yang pertama adalah Simulasi dan komunikasi digital atau disingkat SIMKOMDIG. Ini merupakan media pembelajaran yang menggunakan perangkat digital. Untuk jurusan OTKP, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi perkantoran.

2. Ekonomi Bisnis

Yang kedua, ekonomi bisnis. Pada mata pelajaran ini, Kamu akan belajar mengenai permintaan dan penawaran, termasuk juga masalah produksi, distribusi dan konsumsi.

3. Administrasi Umum

Mata pelajaran OTKP yang berikutnya adalah administrasi umum atau dikenal dengan juga dengan Pengantar Administrasi Perkantoran. Kamu akan mendapatkan materi dasar mengenai administrasi.

4. Teknologi Perkantoran

Seiring dengan berkembangnya teknologi, urusan administrasi juga butuh menyesuaikan diri. Untuk itu, Kamu akan belajar teknologi perkantoran dan bagaimana mengoperasikannya.

5. Kearsipan

Yang tidak boleh ketinggalan adalah materi kearsipan. Ini merupakan materi penting karena nantinya pekerjaan Kamu akan berhubungan dengan berkas-berkas dan surat menyurat sehingga Kamu harus bisa menatanya dengan baik.

6. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

Selanjutnya adalah otomatisasi tata kelola kepegawaian. Materi ini akan Kamu butuhkan jika Kamu berkarir menjadi staf personalia yang berhubungan langsung dengan pegawai perusahaan.

7. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

Mata pelajaran OTKP berikutnya adalah otomatisasi tata kelola keuangan. Bukan hanya surat menyurat, Kamu juga akan belajar keuangan dasar sehingga Kamu bisa membuat laporan keuangan sederhana dan juga bisa membacanya.

8. Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana

Yang kedelapan adalah otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana. Hal ini berkaitan dengan mengatur sarana prasarana kantor, mulai dari pengadaan hingga inventarisasi.

9. Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan

Yang kesembilan adalah otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan, misalnya menyambut tamu perusahaan, protokol pelaksanaan upacara, dan sebagainya. Kamu juga akan diajarkan bagaimana menjalin hubungan baik dengan media.

10. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Terakhir adalah mata pelajaran mengenai produk kreatif dan kewirausahaan. Inti dari mata pelajaran ini adalah Kamu akan belajar mengenai kewirausahaan, perencanaan bisnis hingga menciptakan produk yang kreatif.

ummu, nofita, della, veti