[LENGKAP] TIPS MERAWAT KUNCI YANG BAIK DAN BENAR

TIPS MERAWAT KUNCI YANG BAIK DAN BENAR

Dalam melakukan pekerjaan servis, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah kunci - kunci yang akan digunakan. Kunci - kunci ini amat banyak jenisnya, dari kunci yang sifatnya umum sampai kunci yang sifatnya khusus.

Kelengkapan kunci - kunci dalam pekerjaan servis , sangat membantu agar pengerjaan servis dapat berjalan dengan cepat. Untuk itu sudah menjadi syarat utama dalam melakukan servis adalah mempersiapkan kunci - kunci yang akan digunakan.

Jangan bekerja sebelum semua kunci siap dan tersedia. Kunci yang belum siap akan sangat menyita kita untuk bolak balik ambil kunci. Jelas ini sangat memakan waktu.

Selain itu sering terjadi pekerjaan jadi terhenti karena kunci tidak ada. Oleh sebab itu marilah kita belajar dalam postingan kali ini untuk belajar merawat kunci.

Langkah - Langkah Merawat Kunci:

  1. Pastikan kunci selalu dalam keadaan bersih. Kunci yang bersih akan memberikan kenyamanan dan juga mempengaruhi keselamatan kerja kita pada servis nantinya. Untuk itu bersihkanlah selalu kunci yang sudah dipakai, sebelum disimpan ke tempat penyimpanan kunci. Cara membersihkannya cukup dengan mengelap dengan kain.
  2. Kunci dalam kondisi baik. Periksa selalu keadaan kunci - kunci. Kunci yang sudah rusak sebaiknya dibuang saja, ganti dengan yang baru. Sebab tidak membuat kita salah ambil kunci yang sudah rusak tersebut. Kunci yang sudah rusak, jelas tidak bisa digunakan. Jika dipaksakan hanya akan merusak kepala baut atau kepala mur saja.
  3. Beri pelumas untuk kunci yang jarang digunakan. Kunci khusus atau kunci spesial tool, umumnya jarang digunakan. Untuk itu sebaiknya diberikan pelumasan oli, agar tidak berkarat. Kecuali kunci yang sering dipakai, pasti akan pernah oli saat dipakai servis.
  4. Tempat kunci dengan jarang digantung. Penempatan kunci dengan cara digantung, akan memudahkan kita dalam mencari kunci yang akan digunakan. Kunci akan lebih cepat kita dapatkan, Dan cepat juga kita mengawasi dan mengontrol bila ada kunci yang tidak pada tempatnya. Untuk tempat penggantungan kunci bisa menggunakan alas dari papan dan paku sebagai penggantungnya. Lalu pada papan tersebut gambar dengan spidol bentuk kunci tersebut. Sehingga kita tahu dan cepat bila kita ingin memulangkan kunci di gantungan yang mana. Selain itu cepat mengetahui kunci apa yang tidak ada pada gantungannya.
Sekian penjelasan mengenai cara merawat kunci. Jagalah kunci dan rawatlah dengan baik, sebab ini alat bantu yang paling pokok dalam servis. Jangan biarkan kunci rusak tetap tersimpan.

Buang saja langsung. Sebab selain makan tempat dalam penyimpanan, ini juga akan mengganggu kita bila kita ingin mengambil kunci, bisa - bisa salah ambil kunci yang sudah rusak.