[LENGKAP] Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Logo Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling populer di Indonesia. Penggunanya sudah tidak terhitung lagi karena mayoritas laptop atau komputer menggunakan sistem operasi ini. Ada banyak jenis dan tipe Windows yang digunakan di Indonesia dan selain itu ada juga basis sistem yang berbeda di antara Windows ini.

Sejauh ini ada dua basis sistem yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Kadang pengguna tidak memperhatikan basis Windows yang digunakan ini, apakah 32 bit atau 64 bit. Padahal untuk penggunaan, ada perbedaan di antara keduanya dan perbedaan tersebut akan berdampak pada kinerja.

Perbedaan Windows 32 Bit Dan 64 Bit

1. Performa 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan pertama dan yang paling jelas terasa adalah dari segi performa. Teknologi prosesor yang digunakan keduanya antara 32 bit dengan 64 bit sudah berbeda. Prosesor 32 bit memiliki kemampuan di bawah 64 bit, sehingga cocok untuk kebutuhan komputer desktop dengan pekerjaan ringan saja.

Sebaliknya, untuk prosesor 64 bit lebih cocok untuk pekerjaan berat seperti gaming, desain grafis, edit video dan lainnya. Jadi jika Anda membutuhkan komputer dengan pekerjaan ringan-ringan maka sistem 32 bit sudah cukup, tetapi untuk pekerjaan berat silahkan memilih sistem 64 bit.

2. Jumlah RAM yang di gunakan

Perbedaan mendasar yang paling banyak diketahui oleh para pengguna adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda. Untuk Windows berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit.

Windows 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. 

Sedangkan Windows 64 bit dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB saja. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

3. Kemampuan dalam memproses data

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada peforma komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. 32, Istilah “bit” merupakan sebuah satuan data.

Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu.

4. Kompatibilitas Aplikasi

Perbedaan performa pada kedua sistem ini juga dapat mempengaruhi kompatibilitas aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat. Jika Anda menggunakan sistem operasi 32 bit, tentunya perangkat tidak akan bisa menjalankan aplikasi 64 bit.

Misalnya aplikasi yang membutuhkan kinerja prosesor dan sistem mumpuni seperti desain, video editing, serta game dengan grafik beresolusi tinggi. Tapi justru sebaliknya, perangkat dengan sistem operasi 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan sedikit kemungkinan munculnya masalah.

Kelebihan dan kekurangan windows 32 dan 64

Kelebihan Windows 32 Bit

  • Dapat digunakan untuk menjalankan software dan aplikasi lama dengan basis 16 bit. Tetapi sayangnya untuk software 16 bit sekarang sudah tidak digunakan lagi.
  • Kompatibel dengan penggunaan driver-driver komputer seri lama.
  • Cocok untuk pengguna komputer dan laptop seri lama, biasanya untuk laptop dan komputer baru sering tidak cocok.
  • Dapat berjalan optimal meskipun menggunakan RAM yang tergolong kecil dibawah 4GB.

Kekurangan Windows 32 Bit

  • Software yang kompatibel sekarang ini sudah semakin sedikit, apalagi untuk software baru sudah tidak disupport lagi dari developer.
  • Hanya bisa support RAM dibawah 4GB saja.
  • Tidak bisa digunakan untuk menjalankan software-software kelas berat seperti Adobe dan sejenisnya.

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Lebih cepat dan efisien dalam segi performa karena bisa memproses data yang lebih besar.
  • Kinerja prosesor bisa lebih optimal.
  • Bisa menjalankan software berbasis 32 bit, jadi saat install Anda tidak perlu berpikir lagi mau menggunakan 32 bit atau 64 bit, semuanya bisa diinstall.
  • Support untuk menjalankan software-software terbaru.
  • Cocok untuk keperluan kerja berat.
  • Cocok untuk generasi komputer dan laptop generasi terbaru.
  • Tingkat kompatibilitas software lebih lengkap.

Kekurangan Windows 64 Bit

  • Windows 64 bit tidak cocok untuk laptop dan komputer generasi lama.
  • Tidak bisa bekerja secara optimal menggunakan RAM 2 GB, rekomendasinya bisa menggunakan 4 GB keatas.