INSTALASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN WAN

Cara Instalasi

INSTALASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN WAN

Keamanan jaringan komputer merupakan proses mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak mempunyai akses. Langkah instalasi sistem keamanan jaringan dapat membantu pengguna tidak sah atau penyusup mengakses bagian jaringan komputer. keamanan jaringan bertujan untuk mengantisipasi risiko berupa ancaman fisik maupun logic baik langsung maupun tidak langsung. Dari berbagai ancaman yang ditimbulkan, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Interception, yaitu pihak yang tidak mempunyai wewenang dan sudah mempunyai hak akses informasi.
  2. Interruption, yaitu penyerangan telah dapat dapat menguasai sistem, akan tetapi tidak secara keseluruhan. Admin yang asli atau sesungguhnya masih bisa login.
  3. Fabrication, yaitu penyerang sudah menyiapkan object palsu ke dalam sebuah sistem.
  4. Modification, yaitu penyerang telah merusak sistem dan telah mengubah secara keseluruhan.

Dan untuk mengantisipasi berbagai ancaman, yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Confidentaility

Confidentaility adalah pencegahan bagi mereka yang tidak mempunyai kepentingan dapat mencapai informasi. Jadi dapat disebutkan bahwa kerahasiaan dapat diartikan informasi yang tepat diakses oleh orang biasa yang berhak, dalam hal ini sebagai contohnya adalah dengan alamat email maupun data-data perusahaan.

2. Availability

Availability adalah upaya pencegahan informasi atau sumber daya oleh orang yang tidak berhak. Secara umum adalah, informasi hanya dapat diakses oleh siapapun yang memiliki legimitasi untuk tujuan ini.

3. Integrity

Integrity adalah pencegahan bagi mereka yang tidak berkepentingan dapat memcapai informasi. Secara umum dapat disebutkan bahwa kerahasiaan mengandung makna bahwa informasi hanya dapat diakses oleh mereka yang tidak berhak(orang lain)

4. Non-Repudiation

Aspek ini bertujuan untuk menjaga seseorang agar tidak dapat menyangkal telah melakukan suatu transaksi. Dukungan bagi Electronic Commerce.

5. Authentication

Auntethication atau autentikasi adalah suatu langkah untuk menentukan atau mengkonfirmasi bahwa seseorang adalah autentik yang asli dan tidak menggunakan seseuatu yang palsu. Jadi, dalam hal ini pengguna harus menggunakan identitas aslinya agar bisa melewati autentasi ini.

6. Access Control

Accsess Control adalah suatu metode untuk mentransmisikan sinyal yang dimiliki node yang terhubung ke jaringan tanpa terjadi konflik dan mempunyai masalah tentang hak akses.

7. Accountability

Accountability adalah pembatasan akses untuk beberapa lokasi. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa hanya orang-orang yang memiliki akses yang dapat memasuki fasilitas ini.