Apa yang dimaksud dengan VLAN - (Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan)

apa yang dimaksud vlan

Apa yang dimaksud dengan VLAN - (Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan)

materismk.com - Bagi jurusan TKJ(SMK) pasti tidak asing lagi dengan materi VLAN, materi VLAN ada pada pelajaran AIJ. Nah pada materi kita kali ini adalah membahas tuntas tentang:

  • Pengertian VLAN
  • Fungsi VLAN
  • Jenis VLAN
  • Kelebihan VLAN
  • Kekurangan VLAN

Pengertian VLAN

VLAN (Virtual Local Area Network) atau biasa disebut Virtual LAN, adalah sekumpulan / sekelompok perangkat yang terhubung pada satu LAN atau lebih yang di konfigurasi melalui software / perangkat lunak pengelola, sehingga dapat berkomunikasi dalam satu lingkungan seolah-olah ada pada satu LAN yang sama.

VLAN adalah bagian kecil dari jaringan LAN (Local Area Network), yang artinya pada satu LAN bisa terdapat lebih dari satu jaringan VLAN. 

Fungsi VLAN

Fungsi dari VLAN sendiri adalah untuk mempermudah implementasi jaringan, contohnya pada suatu jaringan terdapat 4 buah komputer yang terhubung pada satu switch yang sama. Secara normalnya 4 komputer tersebut bisa saling berkomunikasi dan memiliki badwith yang sama.

Tetapi dengan VLAN kita bisa mengatur keempat komputer tersebut dengan bandwith atau bahkan mengatur komputer tersebut tidak bisa berkomunikasi pada satu swich yang sama, tanpa harus menambah switch.

Tetapi bagaimana jika komputer itu tidak berada pada satu ruangan yang sama?, solusi terbaiknya adalah trunking (menghubungkan dua switch dengan menggunakan satu kabel).

Jenis VLAN

Terdapat lima jenis VLAN:

  1. Default VLAN: VLAN bawaan semenjak switch diaktifkan dan secara otomatis.
  2. VLAN data: hanya mengatur lalu lintas / trafik data pada VLAN.
  3. Native VLAN: yang di kembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.
  4. Voice VLAN: yang mendukung VoIP dan di khususkan untuk komunikasi data berupa suara pada VLAN.
  5. Management VLAN: yang bertujuan untuk management switch.

Berdasarkan perbedaan pemberian membership, maka VLAN bisa dibagi menjadi empat :

  1. Port based: dengan melakukan konfigurasi pada port dan memasukkannya pada kelompok VLAN sendiri.
  2. MAC based: membership atau pengelompokan pada jenis ini berdasarkan pada MAC Address .
  3. Protocol based: karena VLAN bekerja pada layer 2 (OSI) maka penggunaan protokol (IP dan IP Extended) sebagai dasar VLAN dapat dilakukan.
  4. IP Subnet Address based: selain bekerja pada layer 2, VLAN dapat bekerja pada layer 3, sehingga alamat subnet dapat digunakan sebagai dasar VLAN.
  5. Authentication based: device atau komputer bisa diletakkan secara otomatis di dalam jaringan VLAN yang didasarkan pada autentifikasi user atau komputer menggunakan protokol 802.1x.
  6. Management VLAN: yang bertujuan untuk management switch. Management VLAN berfungsi mengatur switch seperti dalam pengawasan, manajemen bandwidth, dan pencatatan sistem.

Tipe koneksi VLAN dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Trunk Link, yaitu koneksi penghubung antar switch pada jaringan komputer.
  2. Access Link, yaitu koneksi penghubung ke PC (data user).
  3. Hybrid Link, yaitu koneksi gabungan dari Trunk dan Access.

Kelebihan VLAN

1) Security / Keamanan.
2) Cost reduction / Hemat Biaya .
3) Higher performance / Performa yang lebih baik.
4) Broadcast storm mitigation.
5) Improved IT staff efficiency.
6) Simpler project or application management.

Kekurangan VLAN

  1. Menggunakan VLAN secara logika memang berbeda network akan tetapi pada kenyataanya secara fisik satu network saja.
  2. Ketika ada broadcast maka pesan broadcast akan dikirim ke semua.
  3. Apabila jumlah host banyak maka akan mempengaruhi kerja DHCP dan ketika jumlah banyak host-nya maka kerja DHCP akan berantakan dan tidak bisa diduga.


Itulah beberapa materi basic mengenai VLAN yang saya pelajari dari berbagai sumber, dan saya rangkum menjadi sebuah materi. Semoga bermanfaat terima kasih sudah mampir, jika kalian ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya..:)


Tags: vlan bertujuan untuk, vlan adalah, vlan id, vlan merupakan singkatan dari, vlan id berikut yang secara otomatis dibuat dan tidak bisa dihapus adalah, vlan id adalah, vlan pada umumnya memiliki 2 port sebutkan dan jelaskan 2 port tersebut, vlan (virtual local area network) adalah fungsi....dari sebuah switch, vlan adalah singkatan dari, vlan adalah fungsi dari sebuah switch, vlan adalah fungsi, vlan atau virtual lan yaitu sebuah jaringan lan yang secara virtual dibuat di sebuah, vlan adalah fungsi ... dari sebuah switch brainly, vlan adalah singkatan, vlan artinya, vlan berfungsi sebagai, vlan bekerja pada osi layer yang ke berapa, vlan bekerja pada layer, vlan bertujuan untuk quizizz, vlan berfungsi untuk, vlan bertujuan, vlan beroperasi di layer 2 yaitu, b-vlan, class b vlan, b and vlan, b-vlan qtnet, vlan и lan, show vlan b, vlan cisco, vlan configuration, vlan crs, vlan cisco packet tracer, vlan cisco router, vlan crs mikrotik, vlan configuration cisco packet tracer, vlan cisco switch, c vlan and s vlan, c-vlan tag, c-vlan wiki,c-vlan definition, c-vlan ethertype, c-vlan id, c vlan header, c tags tag vlan, vlan diklasifikasikan berdasarkan metode kecuali, vlan data adalah, vlan default adalah, vlan default, vlan diklasifikasikan berdasarkan metode, vlan database, vlan di mikrotik, vlan dinamis, id vlan, id vlan berikut yang tidak memenuhi syarat untuk digunakan karena sudah default adalah, id vlan adalah, id vlan default, id vlan tp-link, id vlan vodafone, id vlan habilitar