Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rekayasa perangkat lunak atau software engineering merupakan bidang yang berhubungan dengan perancangan, penerapan, dan modifikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kegunaan, pemeliharaan, dan kecepatan pembuatannya.

Cakupan rekayasa perangkat lunak meliputi semua apspek, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, cooding, pengujian, hingga pemeliharaan sistem setelah digunakan (maintenance).

Jadi, rekayasa perangkat lunak tak hanya berhubungan dengan pembuatan progam komputer, tetapi juga berhubungan dengan manajemen proyek, prekrutan personil, perhitungan biaya, metode, pengaturan jadwal, kontrol kualitas, dan pemberian pelatihan pada pengguna.

Tujuan Rekayasa Prangkat Lunak

Secara umum, tujuan rekayasa perangkat lunak adalah menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi yang hemat biaya seperti yang ditunjukan dalam tabel berikut.

Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Sejarah Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Perkembangan rekayasa perangkat lunak tentu saja terkait erat dengan perkembangan tekhnologi komputer, terutama yang berhubungan dengan konsep pemrograman. 

Perkembangan itu diawali pada tahun 1940-an ketika pengguna mulai dimungkinkan untuk menuliskan langsung kode pemrograman pada sistem komputer. Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1950-an yang ditandai dengan muncul dan berkembangnya interpreter dan compiler serta bahasa MACRO.

Pada Periode 1960-an, muncul konsep sotware engineering atau yang sekarang ini dipahami sebagai konsep rekayasa perangkat lunak seiring mulai diproduksinya komputer mainframe untuk kepentingan komersial. 

Pada periode selanjutnya yaitu tahun 1970-an, minicomputer mulai diproduksi untuk kepentingan komersial. Hal ini diikuti dengan berkembangnya industri perangkat lunak.

pada periode 1980-an, komputer pribadi atau personal computer (PC) atau microcomputer mulai diproduksi untuk kepentingan komersial. Hall ini diikuti dengan makin meningkatnya permintaan perangkat lunak.

Pada periode 1990-an muncul konsep pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming (OOP).

periode ini juga ditandai dengan meningkatnnya kapasitas memori komputer dan media penyimpanan. Perkembangan tekhnologi internet yang sangat pesat juga mewarnai perkembangan tekhnologi perangkat lunak. 

Pada periode 2000-an, berkembang konsep pemrograman dengan platform interpreter modern spserti java,.net(dibaca dot net), an PHP. Berkembang pesat pula mobile programming, yaitu pemrograman pada perangkat handphone dan PDA.


Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian, terima kasih sudah mampir, jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya...