[LENGKAP] Proses Mesin Konversi Energi

Proses Mesin Konversi Energi

Pada umumnya pengertian dari mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat berfungsi untuk mengonversikan dan mengubah suatu energi menjadi energi lain. Sehingga menghasilkan suatu usaha ataupun kerja yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

Prinsip kerja dari mesin ini dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara dan akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang dapat membuat suatu batang torak bisa bergerak. Dari gerakan torak tersebut yang kemudian akan menghasilkan perputaran pada poros engkol. 

Mesin konversi energi yang ada pada mesin diesel ini, pada dasarnya memiliki bahan bakar berupa solar, sedangkan pada mesin otto bahan bakarnya berbeda dari mesin diesel, biasanya menggunakan bahan bakar bensin.

Dalam proses pembakarannya mesin diesel ini menggunakan sebuah kompresi dari udara sehingga pembakaran bisa dapat berlangsung. Namun untuk proses pembakaran pada mesin otto utamanya dengan menggunakan percikan api. Percikan api ini dihasilkan dari sebuah gaya listrik besar oleh tekanan pada cela busi.

Motor Bakar (Engine)

Motor bakar adalah suatu mesin atau pesawat kerja yang berperan untuk mengubah energi kimia dari campuran bahan bakar menjadi energi mekanik naik turunnya poros engkol atau piston. Jika ditinjau dari cara memperoleh proses pembakaran bahan bakar, maka motor bakar dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu: motor pembakaran dalam dan motor pembakaran luar.

Turbin Gas

Turbin gas adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin melalui proses pembakaran internal. Di dalam turbin gas energi kinetik di konversikan menjadi energi mekanik dengan tekanan udara yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya. Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu ruang bakar, kompresor, dan turbin gas.

Motor Listrik

Motor Listrik adalah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Biasanya energi mekanik ini digunakan untuk memutar suatu impeller dari pompa, fan atau blower, menggerakan suatu kompresor, mengangkat bahan dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan alai ini banyak juga di dunia industri dan digunakan juga pada peralatan listrik rumah tangga seperti: mobil listrik, sepeda motor listrik, pompa air, mixer dan lain sebagainya.

Kompresor

Kompresor merupakan alat pemampat atau kompresi udara dengan istilah lain kompresor adalah penghasil udara mampat. Karena proses pemampatan pada udara ini, udara tersebut lebih mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan lainnya.

Refrigerasi (Pengkondisi Udara)

Mesin refrigerasi atau yang sering disebut dengan air conditioning (AC) secara umum digunakan untuk penstabilan udara terhadap suatu ruangan, pada rumah mapupun industri. Sehingga setiap orang yang berada pada ruangan tersebut akan merasa betah dan nyaman. Alat ini biasa disebut dengan air conditioning.

Sel Bahan Bakar (Fuel Cell)

Fuel cell pada dasarnya mirip dengan baterai yaitu sumber daya yang menghasilkan arus listrik dengan memanfaatkan reaksi kimia. Perbedaannya terletak pada sumber dari energi yang didapatnya, jika baterai membutuhkan pengisian daya yang lebih dan memanfaatkan suatu reaksi kimia untuk mendapatkan arus listrik, sedangkan fuel cell tidak sama sekali membutuhkan pengisian daya namun hal tersebut dapat diganti dengan pengisian bahan bakar. Salah satu bahan bakar yang umum digunakan untuk fuel cell bahan bakar jenis hidrogen.

Solar Cell

Solar cell adalah suatu jenis alat yang dapat mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Dari proses konversi nya energi listrik ini dimanfaatkan menjadi berbagai macam energi lainnya seperti contohnya energi gerak.

Secara sederhana solar cell terdiri dari persambungan bahan semikonduktor yang memiliki dua tipe yaitu tipe p dan n (p-n junction semiconductor) yang jika hal tersebut tertimpa oleh sinar matahari maka akan menciptakan aliran elektron. 

Dari aliran elektron inilah yang kemudian disebut sebagai aliran arus listrik.(Redho)



Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian, terima kasih sudah mampir. Jika kalian ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya...