(LENGKAP) Peralatan dan Perlengkapan Serta Perawatan di Tempat Kerja

Berbagai macam alat tangan digunakan pada waktu melakukan perbaikan kendaraan. Tujuan utama adalah agar pekerjaan dapat dilaksanakan dengan aman, tepat dan cepat. 

Kompresor

Untuk mencapai ini maka teknisi sedapat mungkin harus bisa memilih alat yang paling tepat serta mengetahui bagaimana menggunakannya dengan benar. Disisi lain peralatan harus dirawat agar masa pakai alat menjadi panjang.

Perawatan peralatan yang tak menggunakan tenaga. Perawatan terhadap peralatan yang telah selesai dipergunakan untuk bekerja, cukup dilakukan secara sederhana, yakni membersihkan alat dari oli, minyak atau kotoran lain dengan menggunakan lap sehingga pada saat disimpan dalam keadaan bersih dan kering. Selanjutnya kembalikan di tempat semula dan di tata sehingga rapi.Peralatan itu antara lain:
  1. Kunci shock, kunci ring, kunci pas atau kunci kombinasi, kunci heksagonal.
  2. Berbagai jenis obeng + dan –
  3. Tang kombinasi, tang potong, dan tang cucut
  4. Palu karet, palu plastik , palu besi
  5. Alat bantu lainnya 

Perawatan Peralatan yang menggunakan tenaga.

  1. Kompresor : Secara berkala cek kondisi minyak untuk kompresor, jika volume minyak kurang perlu ditambah, secaraberkala pula kuras air yang ada dalam kompresor agar tidak menimbulkan karat dan campuran udara-air ketika kompresor dipergunakan.
  2. Gerinda : Secara berkala periksa kondisi batu gerinda, jika telah melampaui diameter minimal gantilah batu gerinda. Cek pula kondisi round-out batu gerinda
  3. Bor Listrik : Baik bor listrik tangan maupun duduk perlu dilakukan pengecekan kesentrisan. Juga perlu dilakukan pengecekan terhadap brush motor. Jika melampaui batas minimal maka brush harus diganti. 
Penerapan perlengkapan kerja Perlengkapan kerja yang harus dipenuhi sebagai teknisi khususnya r4 adalah:
  1. Pakaian kerja; Pakaian yang cocok akan membantu pekerjaan agar lebih mudah. Tidak hanya menjamin tetapi juga menambah efisiensi kerja dan melindungi kendaraan dari kotor dan rusak.
  2. Sepatu Kerja; Cidera kaki karena terluka dapat dihindari dengan menggunakan alas kaki/sepatu yang memenuhi standar kerja bengkel otomotif, sehingga teknisi dapat terhindar dari cidera.
  3. Sarung Tangan; Sangat membantu ketika mengangkat benda berat atau memindahkan pipa buang yang panas dan sejenisnya, agar terhindar dari cidera. Namun ketika melakukan pekerjaan yang menggunakan motor sebaiknya dilepas.

Perawatan Alat Dan Perlengkapan Di Tempat Kerja

Berbagai macam alat tangan digunakan pada waktu melakukan perbaikan kendaraan . Tujuan utama adalah agar pekerjaan yang dilaksanakan dengan aman , tepat dan cepat. Untuk mencapai ini maka teknisi sedapat mungkin harus bisa memilih alat yang paling tepat serta mengetahui bagaimana menggunakannya dengan benar. Disisi lain peralatan harus dirawat agar masa pakai alat menjadi panjang. 

1. Perawatan peralatan yang tak mengguna- kan tenaga. 
Perawatan terhadap peralatan yang telah seslesai dipergunakan untuk bekerja, cukup dilakukan secara sederhana, yakni member- sihkan alat dari oli, minyak atau kotoran lain dengan menggunakan lap sehingga pada saat disimpan dalam keadaan bersih dan kering. 

2. Perawatan peralatan yang menggunakan tenaga 
Kompresor : Secara berkala cek kondisi minyak untuk kompresor, jika volume minyak kurang perlu ditambah, secaraberkala pula kuras air yang ada dalam kompresor agar tidak menimbulkan karat dan campuran udara-air ketika kompresor dipergunakan. 

Gerinda : Secara berkala periksa kondisi batu gerinda, jika telah melampaui diameter minimal gantilah batu gerinda. Cek pula kondisi run-out batu gerinda 

Bor Listrik : Baik bor listrik tangan maupun duduk perlu dilakukan pengecekan kesentrisan. Jika terjadi ketidak mkonsentrisan ganti kepala sislinder. Juga perlu dilakukan pengecekan terhadap brush motor. Jika melampaui batas minimal maka brush harus diganti.

Peralatan tangan ; Peralatan yang sering dipergunakan dalam perbaikan kendaraan khususnya roda 4 antara lain adalah:
  • Kunci shock, kunci ring, kunci pas atau kunci kombinasi, kunci heksagonal.
  • Berbagai jenis obeng + dan –
  • Tang kombinasi, tang potong, dan tang cucut
  • Palu karet, palu plastik , palu besi
  • Alat bantu lainnya 
Sedangkan alat bantu untuk menaikkan kendaraan antara lain: 

a. Dongkrak

Dongkrak (Inggris:car jack) adalah sebuah alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan. Fungsi dongkrak adalah untuk mempermudah kerja manusia, biasanya alat ini digunakan untuk mobil. 

Fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk mengangkat mobil pada waktu pemasangan jek stand supaya memudahkan pada saat pemasangan catalytic converter dan juga biasanya digunakan untuk mengganti ban mobil, namun tujuan lain seperti melakukan inspeksi atau perbaikan sistem pengereman itu juga membutuhkan dongkrak sebagai sarana pendukung dalam melakukan aktivitas perbaikan mobil tersebut.

b. Lift 

Lift atau Elevator adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. 

Gedung-gedung yang lebih rendah biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator. Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka, Terdapat tiga jenis mesin, yaitu Hidraulic, Traction atau katrol tetap, dan Hoist atau katrol ganda, Jenis hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.




Dalam penggunaannya harus diperhatikan terhadap titik angkat yang setiap kendaraan sangat berbeda. Kesalahan dalam menaruh titik angkat kendaraan akan menjadikan bodi kendaraan.