[LENGKAP] Pengertian CODING Bagi Pemula

Pengertian CODING Bagi Pemula

Coding adalah hal yang berbeda dari pemrograman. Coding atau kegiatan menulis code sangatlah penting dalam memahami bahasa pemrograman. Terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah terjun ke dunia ini. Nyatanya, bisa menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Apalagi saat ini ada cukup banyak alasan untuk memulai belajar coding.

Apa Itu Coding? 

Tapi sebelumnya, apa itu sebenarnya coding ? Ya, sebelum kita menentukan bahwa itu adalah suatu hal yang rumit, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu coding dan bagaimana sebenarnya tersebut.

Pengertian coding secara mudahnya adalah menulis sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri ada bermacam-macam.

Untuk saat ini, ada beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan. Beberapa bahasa pemrograman antara lain seperti Java, HTML & CSS, Python, PHP, Ruby, Angularjs, dan masih banyak lain. 

Dengan itu semua, kita dapat memberikan daftar instruksi pada perangkat komputer sesuai dengan tujuan kita. Misalnya, kita menulis code untuk membuat aplikasi Android atau membangun website.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bahasa Pemrograman

Saat ini, kamu dapat menemukan bahasa pemrograman yang tersedia dalam berbagai jenis. Menurut Code Conquest, beberapa bahasa pemrograman yang populer di antaranya adalah C++, Python, Java, Ruby, dan lain-lain.

Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan berbeda-beda—dikenal dengan istilah sintaks.

Contoh bahasa pemrograman dalam bentuk yang sederhana, bisa kamu lihat di bawah ini:

Print(“Selamat datang”)

Dalam kode tersebut, programmer memerintahkan komputer untuk menulis kata “Selamat datang” dalam bahasa pemrograman Python. Ketika menuliskan kode tersebut, maka terdapat 3 langkah yang terjadi, yaitu:
  • Programmer memberi perintah untuk menulis “Selamat datang”, dengan perintah: print(“Selamat datang”).
  • Kode tersebut kemudian di-compile sehingga berubah menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh komputer.
  • Terakhir, komputer akan mengeksekusi kode perintah tersebut dan menuliskan kata Selamat datang di layar.
Hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menuliskan kode bahasa pemrograman adalah terkait sintaks. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan ketat dalam penulisan kode. Ketika terjadi kesalahan dalam penulisannya, kode tidak akan bisa di-compile.

Apa Coding Itu Sangat Sulit?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah coding sangat sulit? Pada kenyataannya, coding adalah aktivitas yang cukup mudah.

Kamu bisa belajar coding dengan mengikuti kursus atau bahkan belajar secara otodidak. Selain itu, kamu juga dapat secara bebas untuk melakukan coding dalam berbagai bahasa pemrograman.

Kemudahan dalam belajar coding juga ditunjang dengan begitu banyaknya sumber yang bisa dimanfaatkan.

Kamu dapat memilih untuk membeli buku tentang coding dan bahasa pemrograman atau memanfaatkan beberapa website yang menyediakan kursus belajar coding. Misalnya Coursera, Udemy, Codecademy, dan lain-lain.

Biar proses pembelajaran bisa berjalan lancar, kamu perlu memilih jenis bahasa pemrograman yang tepat. Ada lima rekomendasi bahasa pemrograman sederhana yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

1. Phyton

Phyton

Phyton adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah berusia cukup tua, berkembang sejak tahun 1980-an. Python memungkinkan kamu untuk melakukan coding secara dinamis, karena mampu mendukung object oriented, gaya pemrograman fungsional, ataupun prosedural.

2. Ruby

Ruby

Kamu juga bisa mempertimbangkan Ruby sebagai pilihan bahasa pemrograman pertama. Kreator Ruby, yakni Yukihiro Matsumoto memang mendesain bahasa pemrograman ini sehingga bisa dipahami oleh programmer pemula hanya dalam waktu 20 menit.

3. Java

Java

Selanjutnya, kamu bisa pula memilih Java yang dikenal sebagai bahasa pemrograman object oriented yang berbasis kelas. Di waktu yang sama, Java juga merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer, bisa dijumpai hampir di berbagai platform, baik untuk aplikasi Android, desktop, ataupun video game.

Sampai di sini, kamu sudah lebih tahu tentang apa itu coding, kan? Kamu bisa juga menjadi salah seorang programmer andal yang punya kemampuan melakukan coding untuk berbagai jenis aplikasi dan game. Caranya, belajar dan sering berlatih.


Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, terima kasih sudah mampir, jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah...