[LENGKAP] Manfaat Jaringan Komputer Untuk Instansi Perusahaan

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Instansi Perusahaan

Pengertian dari jaringan komputer adalah kumpulan berbagai macam komputer yang terhubung lewat media transmisi dengan aturan tertentu. Sehingga bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Tujuan dibangunnya sebuah jaringan pada komputer adalah untuk membawa informasi dengan tepat. Tanpa ada kesalahan dari pengiriman menuju penerima lewat media komunikasi. Apa manfaat jaringan komputer itu?

Sharing Files Lebih Mudah

Bentuk perusahaan organisasi atau instansi jaringan yang ada pada komputer akan mempermudah sharing files. Di dalam organisasi atau perusahaan banyak dokumen atau file yang harus dilihat antar divisi. Dengan adanya jaringan ini, maka proses sharing dari file tersebut lebih mudah dan lebih singkat.

Data yang Sifatnya Rahasia Akan Terlindungi

Jaringan komputer bisa berfungsi sebagai proteksi dan keamanan bagi data-data penting untuk perusahaan ataupun organisasi. Dengan memakai jaringan khususnya jaringan lokal atau LAN, hanya komputer yang terhubung pada jaringan tersebut yang dapat membuka dan mengakses data. Sehingga ini bisa menghindari kejadian dan tindakan tidak bertanggung jawab.

Komunikasi Antar Divisi Akan Lebih Mudah

Komunikasi adalah elemen penting yang bisa menjaga stabilnya dan harmonisnya sebuah perusahaan, instansi atau organisasi supaya tetap utuh dan tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan memakai aplikasi dari sistem jaringan komputer, maka komunikasi antar divisi di dalam satu ruang lingkup organisasi akan lebih mudah.

Arus Informasi Lebih Cepat

Jaringan komputer bagi perusahaan atau instansi yang sedang berkembang bisa mempercepat arus informasi. Hal ini karena saat menggunakan jaringan tersebut arus informasi di dalam sebuah perusahaan lebih cepat. Sehingga bisa membantu meningkatkan kinerja dari perusahaan tersebut.




Dengan mengetahui berbagai manfaat jaringan komputer bagi perusahaan. Maka anda bisa membagi beban kerja dalam beberapa komputer. Dengan demikian, proses tidak terpusat dan beban kerja akan menjadi lebih ringan.