[LENGKAP] Dasar - Dasar MULTIMEDIA

Dasar - Dasar MULTIMEDIA

DEVINISI MULTIMEDIA MENURUT ETIMOLOGI

Pengertian multimedia secara etimologi berasal dari dua kata “MULTI” dan “MEDIUM”. MULTI (latin) yang berarti bermacam-macam/banyak dan MEDIUM (latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.

Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT ICT (INFORMATION COMUNICATION TECHNOLOGY)

Menurut ICT, Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan text, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu dan koneksi. Sehingga pengguna dapat berkarya,berinteraksi dan berkomunikasi.

DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT PARA AHLI

  • Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
  • McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
  • Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
  • Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
  • Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  • Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

KOMPONEN UTAMA MULTIMEDIA

Komponen utama multimedia:
  1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
  2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
  3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
  4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai.

ISTILAH DALAM MULTIMEDIA

  1. Multimedia Interaktif adalah multimedia yang pengguna akhir atau user dapat mengontrol apa dari dalam hal urutan elemen multimedia yang dikirimkan.
  2. Programmer Multimedia adalah orang yang mengintegrasikan elemen dalam bentuk keseluruhan yang harus menggunakan sebuah sistem authoring/bahasa pemograman. 
  3. Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer/televisi atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan multimedia

KARAKTERISTIK MULTIMEDIA

  1. Bentuk Linier : sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari satu frame ke frame yang lainnya.
  2. Bentuk Non Linier : merupakan struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas.

SEJARAH MULTIMEDIA

Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media sering kali disebut pertunjukan multimedia. 

Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. 

Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran.


Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, terima kasih sudah mampir dan jangan lupa share ya...