Alasan Tepat Memilih Jurusan TKJ

Alasan Tepat Memilih Jurusan TKJ

Anggapan orang tentang jurusan TKJ adalah jurusan yang mengacu pada ilmu komputer dengan lingkup di dalam ruangan tertutup, ber-AC dan duduk manis serta menginput data. 

Tetapi anggapan tersebut ternyata salah. Jika kamu ingin memilih atau mungkin baru saja memulai program studi atau jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), jangan sekali kali menganggap jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sebagai program studi dengan aktifitas duduk santai di depan layar. Dan berbagai alasan lain yang banyak orang pikirkan tentang jurusan TKJ.

Alasan Tepat Memilih Jurusan TKJ

Berikut alasan memilih jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) menurut observasi terhadap beberapa orang yang belum tahu aktifitas kegiatan belajar mengajar program studi TKJ (Teknik Komputer Jaringan) serta kenyataan tentang alasan tersebut.

1. Aktifitas mengetik dan menginput data

Alasan ini adalah alasan yang sering saya dengar dari orang orang terutama para kaum perempuan. tetapi alasan ini sangat salah, karena kenyataanya bukan hanya menginput data tetapi konfigurasi,maintenance serta membangun sebuah jaringan. 

Bahkan untuk mengetik ataupun menginput data biasa seperti dokumen, itu sangat jarang dan harus bisa. Karena menginput data untuk membuat dokumen adalah basic paling dasar yang harus dimiliki semua siswa pada kurikulum 2013.

2. Praktek di Ruangan Tertutup dengan AC

Terkadang hal ini memang benar, tetapi kita juga harus bisa kerja lapangan. Kerja lapangan pada program studi TKJ (Teknik Komputer Jaringan) juga tidak ringan.

Pada program studi TKJ, kerja lapanganya seperti maintenance kabel, maintenance jaringan WAN yang biasanya dilakukan di atas tower dan hingga memasang tower jaringan. Jadi alasan ini tidak sepenuhnya benar.

3. Dominan dengan Perempuan

Ini salah satu alasan yang sangat amat tidak tepat. Karena pada program studi TKJ (Teknik Komputer Jaringan) juga banyak laki-laki dan menurut pengalaman saya, kebanyakan perempuan yang masuk TKJ (teknik Komputer Jaringan) itu memiliki pandangan bahwa jurusan TKJ itu kerjanya ringan, hanya mengetik dan membuat dokumen.

4. Peluang sukses yang besar

Alasan ini bisa benar ataupun salah karena yang namanya sukses itu bisa diraih dengan berbagai cara. Untuk peluang pada jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) adalah memanfaatkan keadaan zaman modern yang serba canggih dan membutuhkan teknologi. 

Tetapi pada kenyataanya masih banyak orang yang bisa dianggap gaptek atau buta terhadap teknologi, karena pembangunan atau perkembangan yang kurang merata pada suatu daerah dan kurangnya kesadaran publik akan pentingnya teknologi. 

Disinilah kesempatan para teknisi ataupun spesialis yang mengerti dunia teknologi menawarkan jasa untuk membantu orang yang membutuhkan fasilitas teknologi.

5. Basic yang Sesuai dengan diri sendiri

Ini adalah alasan yang sangat bagus karena kamu tahu akan kelebihan yang ada dalam diri sendiri. Dan selalu ingin mengembangkan bakat tersebut untuk meraih prestasi yang lebih dalam dunia Teknologi Informasi. 

Maka dengan alasan ini, Kamu bukan hanya memilih sebuah pilihan yang tepat tetapi juga meningkatkan peluang sukses pada karir Anda.






Sekian artikel tentang alasan memilih jurusan TKJ (teknik Komputer Jaringan). Terima kasih sudah mampir, jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya...