[LENGKAP] Tips Merawat Gear Sepeda Motor Supaya Awet

Tips Merawat Gear Sepeda Motor Supaya Awet
Sebagai pemilik kendaraan bermotor sudah pasti memahami bahwa gear set sepeda motor memiliki fungsi yang sangat vital. Fungsi gear, salah satunya untuk mengerakkan roda belakang yang disalurkan dari mesin melalui rantai. Maka tanpa gear set, motor tidak mungkin melaju. 

Oleh karenanya, gear set sepeda motor harus dirawat agar fungsinya optimal. Pertanyaannya, bagaimana cara merawat gear set? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat gear sepeda motor! 

Bersihkan Gear Set 

Jika pemakaian rutin, gear set minimal harus diberihkan sebulan sekali dengan air dan jugs sabun untuk merontokkan kotoran yang menempel. Setelah bersih lumasi kembali seperti cara di atas. Selain mengakibatkan rantai cepat rusak, kotoran yang menempel akan membuat motor kesayangan menjadi tidak enak untuk dipandang. 

Pastikan Gear Set Diposisi Center 

Selalu setel gear dan juga rantai dalam posisi center, agar berkendara lebih nyaman. Setiap pabrikan motor telah memberikan semacam tanda pada ujung lengan ayun penggapit roda berupa garis-garis untuk memastikan roda terpasang dengan lurus.

Cara menyesuaikannya juga sangat gampang, kamu tinggal mengendorkan baut pengecang roda belakang, kemudian sesuaikan kedudukan garisnya. Ketika sudah pas, kencangkan kembali bautnya. 

Gunakan Pelumas

Untuk melumasi gear motor selalu gunakan chain lube dan jugs chain wax. Cara yang satu ini memang sangat efektif dan tidak membutuhkan waktu lama, cukup dengan meyemprotkan langsung ke permukaan gear set. Terutama cairan pelumas harus mengenai sisi yang berhebungan langsung dengan komponen lain, seperti rantai dan gear lain. 

Pelumas gear motor juga dapat anda temukan di toko-toko aksesori maupun bengkel di sekitar tempat tinggal kamu. Hindari menggunakan oli bekas ataupun oli gear untuk matic, apalagi menggunakan gemuk dan oli gardan karena hal ini justru akan merusak gear set. 

Ganti Secara Berkala 

Ada beberapa cara untuk mengetahui gear sudah mengalami aus. Salah satunya terdengar suara kasar, bisa juga dengan melihat rantai sudah mengedur atau kedudukan garis pada lengan ayun sudah di titik paling ujung. Bila kamu mengalaminya, mak segera ganti gear motor dengan yang baru. 

Saat ke bengkel, sangat dianjurkan untuk mengganti satu set gear, yakni gear dan rantainya agar nyaman juga memudahkan penggantian selanjutnya. 

Gunakan Gear Set Berkualitas 

Selalu gunakan gear set dengan kualitas yang bagus dan benar-benar kuat. Jangan terpaku pada model dan juga bentuk gear set yang menarik saja. Untuk gear set yang berkualitas bisa memilih produk genuine maupun produk aftermarket yang memiliki reputasi baik. Gear set bekerja sangat keras sehingga diperlukan kualitas yang bagus agar awet dan tidak rusak ditengah jalan. 

Segera Cuci Setelah Melewati Banjir

Ketika motor kamu terpaksa harus menerjang banjir dan jugs hujan deras, sesampainya di rumah sesegera mungkin semprot gear motornya dengan air bersih.

Jika memiliki waktu yang lebih luang bisa mencucinya dengan air sabun agar lebih bersih, setelah kering kembali lumasi dengan chain lube. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan karat akibar kotoran atau zat kimia berbahaya yang terbawa air banjir kemudian menempel di sela-sela rantai dan gear.